Program Pembelajaran Individual (PPI) atau Individualized Education Program (IEP) adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan, kemampuan, dan potensi setiap siswa berkebutuhan khusus. Tujuan utamanya adalah memberikan kesempatan yang setara bagi siswa untuk belajar sesuai dengan kemampuan mereka, serta memastikan bahwa setiap siswa mendapatkan dukungan yang tepat. Berikut adalah elemen-elemen yang biasa terdapat dalam Program Pembelajaran Individual untuk siswa berkebutuhan khusus: 1. Identifikasi Kebutuhan Siswa Penilaian awal dilakukan untuk memahami kemampuan akademik, keterampilan sosial, emosional, dan fisik siswa. Informasi ini diperoleh melalui observasi, tes standar, wawancara dengan orang tua, dan konsultasi dengan ahli terkait (psikolog, terapis, atau guru). 2. Tujuan Pembelajaran yang Spesifik Menetapkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang berdasarkan hasil peTujuan harus realistis dan dapat dicapai oleh siswa, dengan mempertimbangkan kekuatan dan tantangan yang mereka hadapi. Tujuan bisa mencakup keterampilan akademik (misalnya, membaca atau berhitung), keterampilan hidup (misalnya, keterampilan sosial atau kemandirian), atau keterampilan motorik.nilaian awal. 3. Metode Pembelajaran yang Disesuaikan Pembelajaran disesuaikan dengan cara dan tempo yang paling sesuai dengan siswa, seperti pembelajaran visual, auditorial, atau kinestetik. Metode ini bisa meliputi penggunaan alat bantu, seperti papan tulis interaktif, buku gambar, perangkat lunak pendidikan, atau aplikasi untuk melatih keterampilan motorik. Pengajaran bisa dilakukan secara langsung (satu-satu) atau dalam kelompok kecil, sesuai dengan kebutuhan siswa. 4. Dukungan dan Sumber Daya Penentuan jenis dukungan tambahan yang diperlukan, seperti bantuan dari asisten guru, terapis okupasi, atau psikolog. Menggunakan alat bantu seperti perangkat pendengaran, alat bantu komunikasi, atau komputer dengan perangkat lunak khusus. Menyediakan ruang atau waktu yang lebih untuk ujian dan tugas, sesuai dengan kebutuhan siswa. 5. Penyesuaian Lingkungan Sekolah Membuat ruang kelas yang aman dan inklusif, seperti pengaturan tempat duduk yang mudah diakses atau adanya jalur navigasi yang jelas. Mengatur waktu pembelajaran yang fleksibel agar siswa tidak merasa tertekan dan dapat belajar dengan nyaman. Dengan PPI, diharapkan setiap siswa berkebutuhan khusus bisa mendapatkan pengalaman belajar yang lebih efektif, sesuai dengan potensi dan cara belajar mereka. Program ini harus selalu dinamis dan fleksibel agar dapat menyesuaikan dengan perkembangan siswa.